Selasa, 02 November 2010

Bangga Mana, Arema Indonesia atau Arema Malang?

Musim Kompetisi ISL 2010-2011 ini, tim Arema telah punya nama baru: Arema Indonesia. Sepintas nama ini ada kesan keren atau gagah jika disebut. Ada embel-embel Indonesia di belakang nama sebuah tim lokal dari Malang.

  Setahu saya, hanya tim Arema yang memiliki embel-embel nama negara dalam nama resmi sebuah tim sepak bola. Bahkan tim besar di negara Eropa pun, belum pernah mengetahui ada tim dengan nama resmi yang mencantumkan nama negara di belakangnya. Tim sebesar Manchester United misalnya, ia lebih bangga dengan menyebut nama kota di mana tim berjuluk The Red Devils ini lahir: Manchester. Karena nama kota sebagai sebuah identitas lokal yang menjadi kebanggan suporternya. Tak ada embel-embel nama Inggris atau England. Begitu pula dengan Real Madrid. Tim tajir asal spanyol ini merasa lebih prestise hanya dengan menyebut kota Madrid.      

 Perubahan nama Arema Malang menjadi Arema Indonesia sekilas tak ada yang istimewa. Terkesan biasa-biasa saja. Karena apalah arti sebuah nama, demikian kira-kira jika meminjam ungkapan pujangga Inggris William Shakespeare yang kesohor itu. Namun kalau dirunut dari sejarah berdirinya tim berlogo kepala singa ini, betapa perubahan nama ini telah mencabut akar sejarah Arema itu sendiri. Karena fondasi dasar dibentuknya Arema ini untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat Malang. Para founding father ingin dengan adanya tim Arema Malang, nama kota kecil ini menjadi lebih dikenal di seluruh nusantara, bahkan sampai manca negara.

    Arema didirikan oleh Acub Zainal di Malang tahun 1987, sekaligus sebagai penyeimbang dominasi Surabaya yang jauh lebih dikenal daripada Malang. Di tahun itu dan sebelumnya, nyaris tak ada yang dibanggakan dari arek malang ketika sudah keluar kota. Karena ketika menyebut berasal dari Malang tak banyak yang mengenal. Mereka lebih mengenal Surabaya.

Kini, arek Malang sudah bisa bangga ketika menyebut berasal dari Malang. Nama malang sudah tak asing lagi di negeri ini. Tak ada lagi yang bertanya, "Malang itu sebelah mananya Surabaya?". Semua itu salah satunya karena ada Arema Malang. Ada identitas lokal yang bisa dibanggakan. Namun, masihkah arek Malang memiliki kebanggaan itu ketika nama Arema Malang sudah diganti menjadi Arema Indonesia?.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar