Kamis, 04 November 2010

Logo PSSI Bukan Garuda

Seragam tim nasional sepak bola Indonesia yang memakai gambar burung garuda yang dipasangkan di dada kiri. Padahal gambar burung garuda adalah simbol Negara Kesatuan Replubik Indonesia, bukan simbol PSSI sebagai organisasi sepak bola nasional. Mungkin awal sejarahnya menggunakan logo burung garuda di dada untuk menumbuhkan semangta patriotik para pemain tim nasional. Namun, sebaiknya penggunaan ini direvisi. Negara lain tak menggunakan lambang negara, melainkan logo federasi sepak bola nasional mereka.

   Menurut saya, pemakaian gambar burung garuda di dada kiri timnas kurang tepat. Perhatikan tim nasional Uruguay, yang melakukan pertandingan persahabatan dengan tim nasional Indonesia di SUGBK pada 8 Oktober lalu. Mereka menggunakan logo AUF atau asosiasi Sepak Bola Uruguay di dada kiri mereka. Seragam timnas Italia juga menggunakan logo FIGC. Juga timnas Prancis dengan logo FFF, Belanda dengan logo KNVB, atau Jepang dengan logo JFA. Juara dunia 2010, Spanyol, juga melakukan hal yang sama.

  Jadi, dalam setiap kompetisi sepak bola antarnegara yang diikuti, tim nasional semestinya memakai logo PSSI, bukan burung garuda. Mungkin maksud burung garuda itu sebagai manifestasi bahwa timnas mewakili negara, tapi bukankah sebaiknya kita menggunakan logo PSSI dan biarkanlah seragam tim nasional saja yang disesuaikan dengan warna bendera negara.

Semoga hal ini bisa dipertimbangkan. Salam Satu Jiwa Arema INDONESIA

2 komentar:

  1. iya.... harusnya pake lambang asosiasi sepak bola, gambar garuda dimodif2 dikit

    BalasHapus
  2. Jangan dimodif juga lah, ntar dikira ngelecehin ran haha

    BalasHapus